Shalawat Menghapus Dosa Ahli Kubur

Seorang perempuan datang ke Hasan al-Basri, “Anak perempuanku sudah meninggal, aku ingin melihatnya dalam mimpi”, ucap perempuan itu.

Hasan al-Basri kemudian menyuruh shalat empar rakaat usai shalat Isya dan tiap rakaat membaca alFatihah dan Surat At-Takatsur, setelah melakukannya berbaring sambil membaca shalawat hingga tertidur.

Perempuan itu melakukannya, lalu ia bermimpi bertemu anaknya dalam keadaan di azab yang amat buruk. Perempuan itu terbangun dan mendatangi Hasan al-Basri. Oleh Hasan al-Basri, perempuan itu diperintahkan bersedekah untuk anaknya, dengan harapan si anak diampuni dosa-dosanya.

Malam itu Hasan al-Basri tidur dan bermimpi bertemu dengan si perempuan dalam keadaan bahagia.

“Kau mengenalku?”, tanya si perempuan yang dilihatnya.

Perempuan itu lalu melanjutkan perkataannya, “Aku anak si perempuan yang kau suruh bershalawat kepada Nabi SAW itu”.

“Ibumu menceritakan keadaannmu berlainan dengan keadaanmu sekarang. Lalu sebab apa engkau mendapat derajat seperti ini?”, tanya Hasan al-Basri.

Kemudian anak perempuan itu menjawab, “Kami dan 70.000 orang mendapatkan siksa. Lantas seorang lelaki shaleh lewat pemakaman kami dan ia membaca shalawat kepada Nabi SAW dan menghadiahkannya kepada kami. Allah SWT menerimanya dan membebaskan kami dari hukuman tersebut. Sebab berkahnya, aku mendapat bagian seperti yang kau lihat”.

Subhanaallah …!

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Disadur dari buku :

goresan pena KANG SANTRI

M. Wildan Jauhari

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *