Sedekah

Ketika Rasulullah SAW mengeluarkan fatwa agar umatnya mendermakan harta bendanya ke jalan Allah, ada seorang sahabat yang sangat papa, jangankan untuk bersedekah, untuk makan dirinya sendiri dia tak punya.

Sahabat itu berkata, “Ya Rasulullah, Abu Bakar, Umar dan Usman bersenang hati untuk berderma di jalan Allah karena mereka orang kaya, tapi kami ini ya Rasul, orang yang papa dan sangat miskin, apa yang harus kami berikan?”

Kemudian Rasul SAW memberikan kabar gembira dengan bersabda, “Setiap diri diwajibkan bersedekah setiap hari ketika matahari terbit, diantaranya; jika ia mendamaikan diantara dua orang yang bermusuhan dengan adil, itu sedekah, bila ia menolong seseorang untuk menaiki binatang tunggangannya, berarti sedekah, membantu mengangkat barang2 ke atas kendaraan itu juga sedekah, menyingkirkan rintangan duri/batu di jalan itu juga sedekah, setiap langkah yang dilangkahkan seseorang untuk mengiringkan shalat juga sedekah, senyummu didepan saudaramu juga sedekah“. HR. Muslim.

Selain hadist di atas juga terdapat sabda Rasulullah yang lain, “Setiap tasbih, setiap tahmid, setiap takbir dan setiap tahlil adalah sedekah“. HR Muslim

Jika seseorang masih miskin, maka yang diutamakan terlebih dahulu adalah dirinya sendiri. Jika ada kelebihan untuk kepentingan keluarganya, kemudian diberikan kepada kerabat, kemudian setelah itu baru untuk kepperluan yang lainnya selama tujuannya untuk membuktikan ketaatannya kepada Allah.

Sedekah yang dimaksudkan bukan hanya kepada manusia saja, bahkan sedekah kepada hewan pun akan mendapatkan imbalan pahala atau karunia dari Allah.

Dari sekian banyak sedekah, ternyata tidak semuanya bisa diterima Allah. Hanya yang ikhlas saja yang diterima dan diganjar pahala. Bahkan sudah dicatat pahala pun, oleh malaikat bisa saja di hapus lagi lantaran dikemudian hari muncul ujubnya atau ia jadikan sebagai pamer.

Karenanya jangan sekali-kali menyebut-nyebut amalan sedekah kita karena pamer atau ria, sebab pahala sedekah kita bisa saja dihapus lagi oleh malaikat.  نعوذ بالله من ذلك

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *