Pertemuan Kiai Shodri dan Ulil Abshar

MUI KOTA JAKARTA TIMUR – Ngopi Bareng Gus Ulil yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cakung Kota Administrasi Jakarta Timur, Kamis (08/02/2018) di Masjid Jami Shodri Asshiddiq, Penggilingan Jakarta Timur membawa kepada pertemuan dua tokoh yang hampir memiliki karakter sama, berani bersebrangan dan melawan arus, yaitu KH. A. Shodri HM dan Ulil Abshar Abdalla.

Meurut Kiai Shodri, pertemuan kali ini dengan Mas Ulil adalah pertemuan kali pertamanya. Begitu juga dengan Mas Ulil baru kali ini bertemu dan berdialog langsung dengan Kiai Shodri.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Kiai Shodri. Beliau langsung mengacungkan jari ketika dialog usai Ngaji Ihya di buka. Dengan gaya beliau yang penuh canda, pertanyaan dan guyonan Kiai Shodri memecah ketegangan membuat hadirin tertawa sumringah. Beliau menanyakan soal “hubbuttazayyun“, terutama soal kepemilikan harta yang banyak dan istri lebih dari satu buat kiai atau orang-orang berilmu yang langsung disambut tawa para hadirin.

Ketika menjawab pertanyaan Kiai Shodri, Mas Ulil bercerita tentang beberapa Kiai yang memang ada yang berani memiliki istri lebih dari satu, tapi ada pula yang memang tidak punya keberanian untuk itu. Di depan istrinya, Mas Ulil memang sedikit kikuk ketika di tanya soal itu … (lihat rekaman videonya pada menit ke 1:21:31 – selesai)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *