Pengurus IPI DKI Segera Dilantik

MUI KOTA JAKARTA TIMUR – Maraknya isu agama di tengah konstelasi politik nasional membuat para pengasuh pesantren resah. Para ulama dan kiai se-DKI Jakarta pun berkumpul dan memutuskan pembentukan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia (DPW IPI) Provinsi DKI Jakarta.

Ipi 5
Sebagian Pengurus IPI DKI Jakarta Foto Bersama

Ketua Wilayah DPW IPI DKI terpilih, Drs. KH. A. Shodri HM mengatakan bahwa agenda ini merupakan momentum yang tepat untuk mengembalikan peran pesantren di DKI Jakarta.

Masyarakat harus senantiasa diingatkan tentang adab, karakter, dan juga peran vital pesantren untuk membangun religiusitas,” tambah kiai yang juga Kepala Jakarta Islamic Center (JIC) tersebut.

Ditemui terpisah, Ketua Panitia Pelantikan, Sholihin Syam, menyatakan bahwa pelantikan akan digelar di Masjid Jami’ As-Shodri, Jakarta Timur, Kamis (14/3/19) mendatang. Menurut rencana pelantikan pengurus DPW IPI itu juga akan dihadiri ratusan ulama dan para pejabat penting di pemerintahan Provinsi DKI.

Sementara Ketua Dewan Penasehat DPW IPI DKI Jakarta, Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo,  mengatakan bahwa pelantikan kepengurusan IPI DKI ini selain untuk melanjutkan pembentukan kepengurusan tingkat provinsi juga sebagai jawaban atas tuntutan warga Jakarta yang memerlukan sentuhan nilai-nilai kepesantrenan.

Lebih lanjut, Daryatmo juga mengatakan bahwa keberadaan pesatren tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu bangsa.

Pembentukan karakter bangsa juga tidak bisa lepas dari sistem pendidikan. Karenanya, tanpa adanya sistem  pendidikan yang baik, tidak akan ada kemajuan masyarakat bangsa yang berarti.

Lembaga pendidikan yang paling tua di Indonesia ialah pesantren. Dari lembaga pendidikan berbasis pesantren itu telah lahir intelektual, agamawan yang nasionalis, guru bangsa yang sangat layak menjadi teladan dan juga tidak sedikit para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raga dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Seiring dengan tuntutan sebagai konsekuensi dari kemajuan di semua aspek kehidupan bangsa dan dengan semakin bertambahnya jumlah pesantren di Jakarta, maka diperlukan sebuah organisasi yang mampu menjadi pengikat dan pendorong terwujudnya cita-cita perjuangan bangsa.

IPI DKI Jakarta sudah berdiri, jangan sampai duduk lagi,” begitu ujar Daryatmo berharap kepengurusan IPI DKI Jakarta bisa bekerja semaksimal mungkin.***Has

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *